OKOK BAHASAN :
|
SIMPANG
BERSIGNAL (METODE MKJI)
|
MATERI KULIAH :
Satuan mobil
penumapang, kapasitas simpang,
arus jenuh dan
faktor yang
mempengaruhi, analisis
lampu dan tundaan
|
12.1. KONSEP DASAR
|
Prinsip-prinsip utama
dalam perhitungan MKJI
adalah perhitungan yang
terpisah
untuk setiap pendekat. Satu lengan simpang dapat
terdiri lebih dari satu pendekat,
yaitu dipisahkan menjadi
2 atau lebih sub-pendekat. Untuk masing-masing pendekat,
lebar efektif (We)
ditetapkan dengan mempertimbangkan denah masuk dan keluar
simpang dan distribusi
gerakan membelok.
|
Dari sisi
lalu lintas faktor ekivalen
mobil penumpang lebih
detail dari webster.
Di
dalam MKJI dibagi menurut
tipe pendekat yaitu terlawan dan terlindung. Sedangkan
waktu hijau efektif dan
aktual walaupun mempunyai anggapan yang sama dengan
wabster, tetapi dalam
MKJI dipengaruhi oleh waktu tambahan akhir dan kehilangan
awal yang sama, sehingga
g sama dengan k.
|
12.2. SATUAN MOBIL
PENUMPANG
|
Sebagaimana dalam
analisis ruas, maka
dalam perhitungan simpang
dengan
metode apapun,
kendaraan yang ada
harus dikonversi terhadap
satuan mobil
penumpang/ passenger car
unit. Nilai faktor smp pada persimpangan adalah sebagai
berikut :
|
No. Jenis kendaraan Emp
untuk tipe pendekat
|
Terlindung Terlawan
|
1. Kendaraan ringan (LV)
|
1,0 1,0
|
2. Kendaraan berat (HV)
|
1,3 1,3
|
3. Sepeda motor (MC
|
0,2 0,4
|
Dari konversi tersebut
dapat diketahui jumlah volume setiap arah pergerakan. Juga
rasio belok kanan dan
belok kiri, seperti rumus berikut :
|
pLT = Left turn (smp/jam)
pRT = Right turn (smp/jam)
|
Total (smp/jam)
|
Total(smp/jam)
|
Pusat Pengembangan Bahan
Ajar - UMB
|
Ir. Sylvia Indriany, M.T
|
REKAYASA TRANSPORTASI
|
A
Komentar
Posting Komentar