tes aja

OKOK BAHASAN :


SIMPANG BERSIGNAL (METODE MKJI)


MATERI KULIAH :
Satuan   mobil   penumapang,   kapasitas   simpang,   arus   jenuh   dan   faktor   yang
mempengaruhi, analisis lampu dan tundaan


12.1. KONSEP DASAR


Prinsip-prinsip  utama  dalam  perhitungan  MKJI  adalah  perhitungan  yang  terpisah
untuk  setiap pendekat. Satu lengan simpang dapat terdiri lebih dari satu pendekat,
yaitu dipisahkan menjadi 2 atau lebih sub-pendekat. Untuk masing-masing pendekat,
lebar efektif (We) ditetapkan dengan mempertimbangkan denah masuk dan keluar
simpang dan distribusi gerakan membelok.


Dari  sisi  lalu lintas  faktor  ekivalen  mobil  penumpang  lebih  detail  dari  webster.  Di
dalam MKJI dibagi menurut tipe pendekat yaitu terlawan dan terlindung. Sedangkan
waktu hijau efektif dan aktual walaupun mempunyai anggapan yang sama dengan
wabster, tetapi dalam MKJI dipengaruhi oleh waktu tambahan akhir dan kehilangan
awal yang sama, sehingga g sama dengan k.


12.2. SATUAN MOBIL PENUMPANG


Sebagaimana   dalam   analisis   ruas,   maka   dalam   perhitungan   simpang   dengan
metode   apapun,   kendaraan   yang   ada   harus   dikonversi   terhadap   satuan   mobil
penumpang/ passenger car unit. Nilai faktor smp pada persimpangan adalah sebagai
berikut :


No. Jenis kendaraan Emp untuk tipe pendekat


Terlindung Terlawan


1. Kendaraan ringan (LV)


 1,0 1,0


2. Kendaraan berat (HV)


 1,3 1,3


3. Sepeda motor (MC


 0,2 0,4


Dari konversi tersebut dapat diketahui jumlah volume setiap arah pergerakan. Juga
rasio belok kanan dan belok kiri, seperti rumus berikut :


pLT = Left turn (smp/jam) pRT = Right turn (smp/jam)


Total (smp/jam)


  Total(smp/jam)


Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB


 Ir. Sylvia Indriany, M.T


REKAYASA  TRANSPORTASI

A

Komentar